SEO (Search Engine Optimization)

dani setiyawan,wbc wonogiri
Kunci sukses sebuah web/blog salah satunya adalah traffic atau banyaknya pengunjung yang memngunjungi web/blog. Blog akan dikatakan sukses jika mampu mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya. Traffic yang tinggi adalah tanda bahwa blog tersebut digemari oleh pengunjung setianya. Salah satu cara yang efektif untuk mendatangkan pengunjung adalah dengan memanfaatkan mesin pencari atau search engine.Kebanyakan pengguna internet sering menggunakan mesin pencari dalam mencari informasi yang dibutuhkan dengan memasukkan kata kunci atau keyord tertentu dalam mesin pencari tersebut.

Pengunjung akan cenderung membuka website yang tampil pada urutan teratas di mesin pencari tersebut. Oleh karena itu secara otomatis pemilik web/blog sangat berharap web/blognya masuk di jajaran teratas mesin pencari tersebut jika pengunjung memasukkan kata kunci atau keyword tertentu.

Yang jadi pertanyaan kita sekarang adalah bagaimana caranya agar web/blog kita bisa muncul pada mesin pencari tersebut melalui keyword-keyword yang sesuai dengan web/blog kita? Lebih jauh lagi perntanyaan kita adalah bagaimana caranya agar web/blog kita bisa menjadi jajaran teratas mesin pencari tersebut?

Solusinya adalah SEO (Search Engine Optimization). Gambaran tersebut diatas adalah yang saya maksudkan dengan SEO. SEO adalah pengoptimalan web/blog kita agar masuk jajaran teratas pada situs mesin pencari (Google, Yahoo, MSN, dll). Tujuannya seperti yang saya jelaskan tadi yaitu untuk mendatangkan pengunjung ke web/blog kita sebanyak-banyaknya. SEO ini bisa melibatkan web/blog kita maupun web/blog lain.

Sebagus apapun web/blog kita jika tidak bisa dikenali (istilahnya terindex) oleh mesin pecari sama halnya hanya kita yang tahu web/blog kita. Jika web/blog kita dikenali oleh mesin pencari kemungkinan web/blog kita dikenal oleh seluruh pengguna internet seluruh dunia sangatlah besar. Jadi SEO adalah ilmu yang harus dimiliki oleh seorang yang memiliki web/blog yang ingin dikenal oleh banyak pengguna internet.

Mari kita belajar bareng tentang SEO ini, dan selanjutnya saya akan terus share artikel SEO. Banyak yang bisa kita cari diinternet ini.