Fitur Baru Blogger "Blogger Template Designer"

Halo rekan WBC semua, mohon maaf baru hadir kembali setelah lama tidak posting di blog WBC. Posting kali ini saya akan mengangkat judul Fitur Baru Blogger "Blogger Template Designer". Apakah rekan WBC juga menggunakan Blogger sebagai platform blog rekan? Dan apakah rekan WBC yang memakai Blogger telah memasang Draft Blogger sebagai halaman defaultnya? Jika iya pasti sudah tidak asing dengan fitur-fitur terbaru dari blogger yang akan segera diluncurkan.

Ya. Draft Blogger (http://draft.blogger.com/) merupakan situs uji coba terhadap fitur-fitur baru yang akan diluncurkan ke halaman utama Blogger (http://blogger.com/). Saya sendiri sudah lama memanfaatkan draft blogger ini dan menjadikannya sebagai halaman default dasbor blogger saya. Banyak fitur terbaru disana, ternyata tidak sadar saya baru mengetahui ada fitur baru yaitu Blogger Template Designer. Saya sendiri juga belum tahu kapan fitur ini sudah muncul di halaman draft blogger saya.


Blogger Template Designer merupakan fitur baru yang sangat interaktif. Letaknya dapat kita lihat jika sudah masuk pada halaman Editing Tata Letak > Perancang Template atau Template Designer.
Apa yang kita temukan disana? Ternyata diasana ada 4 pengaturan utama yaitu : 

Templates
Disana kita bisa mengatur dan merubah template blogspot kita dengan melihat langsung tampilan perubahan yang terjadi. Hal ini sangat menguntungkan bagi kita jika ingin mencoba-coba mengganti template blog tanpa harus membuka hasilnya ke halaman baru.Terdapat penambahan sekitar 15 template yang dapat kita pilih sesuai selera kita.

Background
Kita bisa merubah background dengan ratusan pilihan warna.

Layout
Pengaturan layout ini meliputi : Pengaturan Body, Footer maupun pengaturan lebar dari halaman-halaman pada blog kita. Sehingga sangat memudahkan bagi kita yang awam tentang coding. Kita tinggal mengaturnya secara visual.

Advanced
Pengaturan ini berkaitan dengan CSS blog kita. Disini kita sangat dimudahkan dalam mengatur jenis font, warna, style dan lain-lain dari seluruh bagian template stnandar. Jika biasanya kita harus tahu pengaturan codingnya di CSS kita, disini kita hanya tinggal mengaturnya secara visual. Sungguh perbaruan fitur yang luar biasa dari Blogger.

Berikut tampilannya :

Semoga info singkat ini bermanfaat untuk Rekan WBC semua.