Seribu Pernak Pernik Ponsel Android

Seribu Pernak Pernik Ponsel Android - Android adalah system operasi untuk telepon seluler yang berbasis linux Fungsinya sama seperti sistem operasi Symbian di Nokia, iOS di Apple dan BlackBerry.  Android tidak terikat ke satu merek Handphone, beberapa merek ponsel terkenal yang sudah memakai Android antara lain Samsung , Sony Ericsson, HTC, Nexus, Motorolla, dan lain-lain.
Android sendiri pertama kali dibuat oleh perusahaan Android Inc, kemudian pada tahun 2005 di ambil alih oleh perusahaan google. Pembuatan android sendiri merupakan modifikasi dari kernel linux yang setiap releasenya diberi nama yang berbeda-beda, uniknya setiap nama ini diberi seperti nama hidangan makanan.
Bicara mengenai android nggak lengkap juga kan kalau nggak ngomongin tentang fitur-fitur androidnya serta keunggulan-keunggulannya. yang paling utama keunggulan dari android ini sendiri karena GRATIS ( Indonesia banget kan?? ) dan open source. Ini membuat smartphone android lebih murah dibandingkan smartphone ber-OS selain Android, seperti BlackBerry dan lain-lain.
Fitur dari Android sendiri pun dibilang cukup lengkap bagi kalangan pecinta smartphone, nggak kalah pokoknya sama OS yang MAHAL. diantaranya yaitu WiFi hotspot, Multi-touch, Multitasking, GPS, support java, mendukung banyak jaringan (GSM/EDGE, IDEN, CDMA, EV-DO, UMTS, Bluetooth, Wi-Fi, LTE, and WiMAX) dan pastinya tidak lupa fitur seperti handphone kebanyakan, karena memang tujuan utama smartphone adalah untuk berkomunikasi. hehe
Menyinggung tentang produk-produk yang namanya seperti hidangan makanan nih, dibawah ini tingkatan-tingkatan android yang memang terbilang unik.
  • Android versi 1.1
Untuk Versi ini memang ponsel android belum memberi dari hidangan makanan, mungkin simbah google belum kepikiran untuk kasih nama produk android versi pertama ini. Pada versi ini android dilengkapi fitur dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email. Android versi pertama ini diluncurkan pada tahun 2009.
  • Android versi 1.5 (Cupcake)
Nah untuk versi yang kedua ini si google sendiri sudah memberi nama produk keduanya dengan nama Cupcake. Mungkin tahun 2009 menjadi awal berkembangnya Android, karena pada versi kedua ini google merilisnya ditahun 2009. Untuk fitur-fiturnya sendiri yaitu kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, upload video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan menghubungkan secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan.
  • Android versi 1.6 (Donut)
Android versi 1.6 ini sendiri dirilis di bulan september, dengan pembaharuan-pembaharuan yang lebih bagus dan pastinya ada penambahan fitur lainnya. Diantaranya dengan memperbaiki penampilan proses pencarian yang lebih bagus dilihat serta penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN dan galeri yang memberikan pengguna keleluasaan untuk memilih foto yang akan dihapus, kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan, CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine, kemampuan dial kontak, teknologi text to change speech.
Untuk versi ini android menambahkan beberapa fitur terbaru yaitu pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.
  • Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)
Android ini diluncurkan pada tanggal 2 Mei 2010 dengan menampilkan beberapa fitur terbaru dari simbah google diantarannya dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali lebih cepat, intergrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.
Untuk versi selanjutnya yaitu Android versi 2.3 (Gingerbread), Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb) dan Android versi 4.0 (ICS :Ice Cream Sandwich).
Seperti halnya perusahaan-perusahaan lain yang mempunyai kekurangan, android pun pastinya mempunyai kekurangan yaitu dalah hal baterai yang cukup boros, dan yang paling parah adalah android sendiri gampang dihinggapi malware, mungkin karena nadroid yang merangkak bebas menuju kepopulerannya dibanding OS lain sehingga banyak orang-orang jahat yang mempelajari security dari android sendiri.
Sudah membahas android, kelebihan dan kekurangan. kayaknya sudah lengkap dan sudah jelas kan mengenai android itu sendiri. Mungkin lain kali bisa disambung lagi kalau ada waktu.
Seribu Pernak Pernik Ponsel Android